KODE IKLAN DFP 1 Ekstrak Daun Katuk Pelancar ASI | hijabfiya.com

Ekstrak Daun Katuk Pelancar ASI

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280
Daun Katuk makanan Perlancar ASI


Seputar Ibu Menyusui dan Daun katuk.


Tentu ibu pernah mendengar namanya daun katuk bukan?

Daun katuk dikenal dimasyarakat sebagai obat tradisional untuk memperlancar ASI. Bahkan di beberapa daerah menjadi menu yang wajib dikonsumsi bagi ibu yang baru melahirkan atau ibu menyusui.

Agar tak salah informasi yuk kita simak penjelasan sederhana tentang apa itu tanaman katuk dan apa saja khasiatnya.

Katuk (Sauropus androgynous) atau yang dalam bahasa minangkabau disebut juga simani merupakan tanaman perdu dengan tinggi hanya 1-2 meter saja dan termasuk suku menir-meniran (Phyllanthaceae), tanaman ini berkerabat dengan ceremai, buni dan menteng.

pohon daun katuk
sumber gambar : amazon
Bagaimana cara Konsumsi daun katuk?

Daun katuk biasanya dimasak dalam bentuk tumisan, atau sayur bening. Namun dapat juga diminum dalam bentuk jus segar atau smoothiest dengan ditambahkan beberapa jenis buah buahan atau sayuran lain.

Ibu dapat melihat resep olahan sayur katuk pada artikel berikut:
            

Selain dalam bentuk segar, konsumsi katuk kini tersedia dalam berbagai bentuk ekstrak daun katuk yang sudah diolah seperti teh daun katuk, bubuk daun katuk, dan kapsul daun katuk.

Efek samping mengkonsumsi daun katuk 

Seperti halnya tanaman herbal lain, ibu tidak perlu kuatir dengan penggunaan daun katuk karena hampir tidak ada efek samping. Tetapi tentu saja tidak perlu berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Daun katuk memiliki senyawa papaverina, sejenis alkaloid yang dapat menyebabkan pusing seperti keracunan opium jika terlalu banyak dikonsumsi.

Khasiat Daun Katuk

Menurut Hasil Penelitian Prof. AGIK SUPRAYOGI dari Institut Pertanian Bogor (IPB) diketahui jika ekstrak daun katuk selain bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI juga dapat berfungsi memperbaiki fungsi pencernaan dan metabolisme tubuh.

ASI yang baik tentu saja akan dihasilkan jika kita mengkonsusmsi makanan dengan gizi yang baik, daun katuk dapat membantu pencernaan dan metabolisme kita menyerap gizi dengan lebih baik sehingga tidak hanya meningkatkan ASi secara jumlah tetapi juga kualitas ASI semakin baik.

Kandungan daun katuk

Daun katuk mengandung hampir 7% protein dan hingga 19% serat kasar. Katuk mempunyai kandungan kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), vit B, dan vit C. Mineral yang terkandung di dalamnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, fosfor, kalium, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap disebabkan kadar klorofil yang tinggi.

Mitos seputar pelancar Asi

asibayi
ibu menyusui


Ada mitos yang mengatakan apabila tidak mengkonsusmsi asi booster atau pelancar asi seperti daun katuk atau tanaman pelancar asi yang lain seperti daun bangun-bangun akan membuat produksi asi berkurang.

hal ini tidak benar karena pada dasarnya jumlah Asi yang ibu produksi adalah berdasarkan apa yang bayi ibu butuhkan.

Kuantitas asi sangat dipengaruhi oleh demand atau permintaan si buah hati.
Langkah terbaik sesaat setelah melahirkan adalah dengan dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan pelekatan yang baik saat menyusui agar anak dapat menyusu di payudara dengan benar dan merangsang keluarnya ASI.

Haruskah Meminum Suplemen Pelancar ASI

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa proses keluarnya ASI perlu diinisiasi dengan cara rutin melakukan pijat payudara atau (maaf) suami juga dapat membantu dengan menghisap payudara ibu.

Konsumsi makanan yang seimbang dan cukup gizi selama masa kehamilan juga sangat berpengaruh dengan kualitas dan kuantitas ASI.

suplement pelancar Asi
suplemen pelancar asi


Sebetulnya dua hal ini sudah cukup jika ibu ingin memberikan ASI eksklusif kepada buah hati ibu.

Dan yang terpenting adalah persiapkan Mental Ibu dan Tekad yang kuat untuk bisa menyusui dan memberikan ASI eksklusif selama 6 Bulan.

Jangan khawatir ketika nanti setelah melahirkan ASI ibu sedikit atau bahkan tidak keluar karena proses inisiasi butuh waktu.

Bayi dapat bertahan hingga tiga hari tanpa ASI sejak dilahirkan dengan menggunakan sisa cadangan makanan dari ibu.

Namun untuk menghindari hal ini, mengkonsumsi Suplemen daun katuk untuk memperlancar keluarnya ASI juga tidak ada salahnya. Konsumsilah sekedarnya saja saat 1-2 bulan sebelum melahirkan. Agar pada saat melahirkan ASI langsung keluar dan ibu dapat langsung menyusui si buah hati.

Ibu dapat melihat produk olahan daun katuk pada artikel berikut:
                

ASI BOOSTER DAUN KATUK - Herbilogy SWEET LEAF POWDER

makanan pelancar asi
sumber gambar: Tokopedia

Deskripsi Produk

Katuk adalah tanaman hijau yang sangat kaya akan vitamin, mineral dan polyphenols.
Katuk juga merupakan salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk meningkatkan produksi ASI pada Ibu menyusui.

Herbilogy Sweet Leaf Extract Powder 100g

Bahan-Bahan: 100% Super Fine & Premium Sweet Leaf Extract Powder, tanpa gula, zat pewarna, perasa, pengawet atau bahan kimia.
Asal tanaman: Indonesia
Rasa: creamy, sedikit manis

Katuk memiliki nilai gizi yang cukup tinggi: mengandung hampir 7% protein dan serat kasar mencapai 19%. Daun katuk kaya vitamin K, pro-vitamin A (beta-karotema), Vitamin B, dan Vitamin C, sedangkan mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, magnesium. Di Indonesia daun katuk banyak digunakan dan dikenal berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI, hal ini diduga berasal dari efek hormonal senyawa kimia sterol estrogenik yang terkandung dalam daun katuk.

Manfaat:

Khasiat Katuk yang dikenal:
  • Sumber protein, mineral dan vitamin A, B, C & K
  • Meningkatkan aliran ASI pada ibu menyusui
  • Meningatkan efisiensi penyerapan lambung
  • Mengurangi gejala Anemia
  • Mencegah osteoporosis
  • Mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah kronis


Cara menggunakan?

Campurkan 3 gram (1 sendok teh ) Herbilogy Sweet Leaf Extract Powder ke dalam satu cangkir air, teh, kopi hangat. Dapat pula dijadikan sebagai bahan campuran dalam segelas jus, smoothies, susu hangat, air kelapa, bahkan semangkuk bubur kacang hijau.

Aturan penyajian:

Satu hingga tiga kali sehari sambil minum banyak air putih. Untuk hasil terbaik, pastikan bayi menyusu langsung pada Ibu agar memperlancar produksi ASI.

Produk sudah mendapatkan sertifikat Halal MUI Dan no BPOM.

Untuk pemesanan produk Ekstrak Daun Katuk, silahkan hubungi hijabfiya melalui kontak yang tertera dibawah ini.


KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2